UDiNus Repository

Penerapan Algorithma Advanced Encryption Standard (AES) Untuk Meningkatkan Keamanan Pada Steganografi Least Significant Bit (LSB) Citra Digital

TIARA, MAHARESNI PUNDI (2017) Penerapan Algorithma Advanced Encryption Standard (AES) Untuk Meningkatkan Keamanan Pada Steganografi Least Significant Bit (LSB) Citra Digital. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Teknologi komunikasi bergerak saat ini berkembang dengan sangat cepat, begitu juga perkembangan fitur-fitur layanan yang yang mendukung dalam sistem GSM. Salah satu layanan yang ditawarkan dari GSM adalah MMS (Multimedia Messaging Service) yang merupakan perkembangan dari SMS (Short Message Service) yang memungkinkan untuk melakukan pengiriman data yang berupa image. Tingkat keamanan data yang dikirim melalui MMS masih belum terjamin, karena pihak penyelenggara jaringan atau operator masih dapat mengetahui isi pesan yang dikirim. Pada tugas akhir ini akan dibangun suatu perangkat lunak yang dapat berguna untuk meningkatkan keamanan pesan yang terjadi pada komunikasi melalui MMS. Perangkat lunak dibangun untuk meningkatkan keamanan pesan dengan cara menyisipkan pesan berupa text ke dalam suatu image. Untuk melakukannya diperlukan suatu key yang hanya diketahui oleh pengirim dan penerima saja. Sistem tersebut dikenal dengan steganografi pada image Untuk lebih meningkatkan keamanan pesan yang akan disisipkan pada image maka terlebih dahulu dilakukan kriptografi text. Metode yang digunakan pada sistem steganografi adalah metode Least Significant Bit (LSB), sedangkan pada kriptografi menggunakan algoritma International Data Encryption Algorithm (IDEA). Perangkat lunak yang dibangun menggunakan platform J2ME yang dapat ditanamkan pada mobile phone. Berdasarkan pengujian perangkat lunak yang dilakukan dapat dilihat bahwa perangkat lunak dapat berjalan dengan baik dan algoritma steganografi LSB dan kriptografi IDEA dapat diimplementasikan untuk enkripsi MMS pada mobile phone.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:10
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:10
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23439

    Actions (login required)

    View Item