UDiNus Repository

SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT GANGGUAN JIWA PADA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN BACKWARD CHAINING

PIONTEK, CLIFTON VENANTIUS (2017) SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT GANGGUAN JIWA PADA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN BACKWARD CHAINING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3795b) | Preview

    Abstract

    Penyakit Gangguan Jiwa pada manusia seing kurang diperhatikan sehingga membuat penderita ini diasingkan dan dikucilkan oleh masyarakat. Pihak keluarga orang yang menderita penyakit gangguan jiwa ini tidak tahu apakah benar saudara / teman / orang terdekat tersebut menderita penyakit gangguan jiwa ini tanpa seorang pakar yang mendampingi. Oleh karena itu dalam penelitian tugas akhir ini penulis membuat sistem pakar dengan metode forward chaining dan backward chaining sebagai penarik kesimpulan untuk mendiagnosa penyakit gangguan jiwa sehingga dapat memberi tahu gejala – gejala apa saja yang muncul jika orang tersebut memang benar menderita penyakit gangguan jiwa sebelum ditanyakan langsung kepada seorang pakar. Sistem pakar ini dibuat menggunakan sistem berbasis web sehingga dapat diakses oleh pengguna dengan lebih mudah. Berdasarkan data yang digunakan, sistem dapat melakukan identifikasi gejala – gejala beberapa jenis penyakit gangguan jiwa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pakar yang sudah dibangun menggunakan metode forward chaining dan backward chaining dapat berfungsi dengan baik.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:11
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:11
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23447

    Actions (login required)

    View Item