UDiNus Repository

PENILAIAN KINERJA GURU DI SMP N 2 KALIWUNGU MENGGUNAKAN FUZZY INFERENCE SYSTEM (FIS) MAMDANI

BATHARA, SAMUDRA ARGAN (2017) PENILAIAN KINERJA GURU DI SMP N 2 KALIWUNGU MENGGUNAKAN FUZZY INFERENCE SYSTEM (FIS) MAMDANI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam melakukan peningkatan kualitas penilaian kinerja guru pihak Kepala Sekolah maupun Sekolah banyak yang belum melibatkan siswa - siswinya sehingga masih terdapat kekurangan-kekurangan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran penilaian kinerja guru yang melibatkan muridnya agar upaya peningkatan kinerja guru yang akan dilakukan dapat memenuhi harapan muridnya dan orang tua. Penilaian tentang kinerja guru dapat berbeda-beda bagi setiap murid. Misalnya ada murid yang merasa cukup puas terhadap kinerja guru tertentu tetapi ada pula orang yang menilai kurang puas terhadap kinerja guru yang sama. Pendekatan yang dipakai penulis untuk mengukur penilaian kinerja guru adalah logika fuzzy mamdani. Fuzzy Mamdani merupakan salah satu metode yang sangat fleksibel dan memiliki toleransi pada data yang ada. Fuzzy Mamdani memiliki kelebihan yakni, lebih intuitif, diterima oleh banyak pihak, lebih cocok input yang diterima dari manusia bukan mesin. Metode tersebut akan coba penulis terapkan pada kasus penilaian kinerja guru berdasarkan Tangibility, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empaty. Dari variabel-variabel tersebut dihasilkan defuzzyfikasi yang merupakan output penilaian kinerja guru didapatkan bilangan riil sebesar 84,9 yaitu merupakan keanggotaan dari domain himpunan bilangan fuzzy baik yang artinya variabel penilaian kinerja guru sudah dapat dikatakan baik yaitu mencapai 84,9 .

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:11
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:11
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23449

    Actions (login required)

    View Item