UDiNus Repository

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN RUTE TERPENDEK PARIWISATA GUNUNG PROVINSI JAWA TENGAH MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA

ARIEF, SANTOSO DWI (2017) SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN RUTE TERPENDEK PARIWISATA GUNUNG PROVINSI JAWA TENGAH MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4072b) | Preview

    Abstract

    Provinsi Jawa Tengah memiliki potensi pariwisata gunung. Dampak dari potensi tersebut apabila dikelola dengan baik akan menambah kesejahteraan warga sekitar. Banyak wisatawan yang ingin mendaki gunung di Provinsi Jawa Tengah dan kebanyakan dari wisatawan berasal dari luar daerah. Sebab itu banyak wisatawan memilih mendaki gunung lebih dari satu tempat sekaligus untuk menghemat waktu dan biaya. Oleh karena itu rute terpendek antara dua gunung akan membantu persoalan tersebut. Dalam pencarian rute terpendek dalam penelitian ini menggunakan Algoritma Dijkstra. Algoritma Dijkstra adalah sebuah algoritma rakus yang dipakai dalam memecahkan permasalahan jarak terpendek untuk sebuah graf berarah dengan bobot - bobot sisi yang bernilai tak-negatif. Untuk itu sistem informasi geografis akan memudahkan persoalan tersebut. Sistem Informasi Geogafis adalah suatu sistem berbasis komputer yang memiliki kemampuan dalam menangani data bereferensi geografi yaitu pemasukan data, manajemen data, manipulasi dan analisis data, serta keluaran sebagai hasil akhir. Hasil akhir dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan pada masalah yang berhubungan dengan geografi. Sistem informasi geografis dapat digunakan dan diakses dengan mudah oleh masyarakat Sistem informasi geografis pada penelitian ini menghasilkan 11 titik gunung yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:11
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:11
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23452

    Actions (login required)

    View Item