UDiNus Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR DENGAN EKSTRAKSI FITUR HISTOGRAM UNTUK IDENTIFIKASI DAGING SAPI DAN DAGING BABI

HARYANTO, (2017) IMPLEMENTASI ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR DENGAN EKSTRAKSI FITUR HISTOGRAM UNTUK IDENTIFIKASI DAGING SAPI DAN DAGING BABI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3520b) | Preview

    Abstract

    Kebutuhan daging sapi yang terus meningkat sering dimanfaatkan oleh penjual daging sapi di pasaran untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dengan mencampurkan daging sapi dan daging babi. Hal ini terjadi karena harga daging babi lebih murah dibandingkan harga daging sapi, karena kurangnya pengetahuan konsumen dalam membedakan daging sapi dan daging babi hal ini tentu akan sangat merugikan. Karena secara kasat mata untuk membedakan daging sapi dan daging babi tidaklah mudah. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi daging sapi dan daging babi secara otomatis dengan mengimplementasikan metode ekstraksi fitur berbasis histogram sebagai penentu karakteristik citra daging dan metode klasifikasi K-Nearest Neighbor (K-NN) untuk mengidentifikasi citra daging. Hasil penelitian menunjukan dari 60 data training dan 40 data testing memiliki tingkat akurasi 85%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:13
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:13
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23471

    Actions (login required)

    View Item