UDiNus Repository

OPTIMASI BIAYA DISTRIBUSI DENGAN MENERAPKAN MODEL TRANSPORTASI DISTRIBUSI VOGEL APPROXIMATION METHOD (VAM) PADA PT. LAUTAN LUAS CABANG SEMARANG

SONY, OCTAVIAN WAHYU (2017) OPTIMASI BIAYA DISTRIBUSI DENGAN MENERAPKAN MODEL TRANSPORTASI DISTRIBUSI VOGEL APPROXIMATION METHOD (VAM) PADA PT. LAUTAN LUAS CABANG SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Masalah transportasi adalah masalah pemrograman linier yang pada umumnya berhubungan dengan distribusi suatu produk tunggal dari beberapa sumber dengan penawaran terbatas menuju beberapa tujuan dengan biaya tertentu pada biaya transport minimum. Program linier merupakan model dari riset operasi yang paling banyak digunakan dalam bidang industri, transportasi, perdagangan, ekonomi dan berbagai bidang lainnya. Tujuan dari model transportasi adalah merencanakan pengiriman suatu barang dari berbagai sumber ke tujuan tertentu sedemikain rupa untuk meminimkan total biaya transportasi. PT. Lautan Luas Cabang Semarang mengembangkan sayapnya untuk meningkatkan hasil produksinya agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Salah satu faktor perusahaan untuk mencapai keuntungan yang besar adalah bagaimana perusahaan tersebut mengirimkan hasil produksinya dengan mengoptimalkan beban biaya pengiriman. Pada tahun sebelumnya keuntungan yang didapat perusahaan kurang optimal dari sektor pengiriman. Sedangkan harga barang dan jasa pengiriman selalu naik tiap tahunnya. Maka untuk memecahkan masalah tersebut penulis menggunakan Model Transportasi Vogel Approximation Method (VAM) karena menghasilkan solusi awal yang maksimal. VAM menghasilkan 86% lebih optimal dari beberapa sampel masalah yang diuji. Sedangkan untuk solusi akhir (pengujian), akan digunakan model transportasi Modified Distribution Method (MODI) untuk mencari apakah masih ada biaya terkecil selain menggunakan VAM. sih ada biaya terkecil selain menggunakan VAM.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:13
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:13
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23475

    Actions (login required)

    View Item