UDiNus Repository

Implementasi Hill Chiper dalam Penyandian Citra Digital Hasil Steganografi Metode Least Significant Bit pada Data Teks Terenkripsi

AFIT, DZULFIANA (2017) Implementasi Hill Chiper dalam Penyandian Citra Digital Hasil Steganografi Metode Least Significant Bit pada Data Teks Terenkripsi. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3911b) | Preview

    Abstract

    Permasalahan kerahasiaan (confidentiality) dan keamanan (security) menjadi komponen penting sebuah data, baik dalam komputer maupun internet. Terkhusus dalam internet, risiko sebuah data disadap dan dicuri akan semakin tinggi, mengingat keterbukaan dan keterkaitannya luas di seluruh dunia. Kriptografi dan Steganografi memegang peranan penting dalam mengatasi hal tersebut. Penelitan ini menggunakan kombinasi keduanya untuk mencoba memberikan pengamanan yang lebih baik pada data teks. Metode yang digunakan yaitu Hill Cipher dan Least Significant Bit. Dimana Hill Cipher digunakan untuk mengenkripsi teks dan citra stego, sedangkan Least Significant Bit digunakan dalam proses penyisipan pesan terenkripsi ke citra digital. Hasil yang didapatkan dari proses steganografi terbilang baik dengan rata-rata nilai PSNR (Peak Signal to Noise Ratio) mencapai 80.85279dB, begitu juga dengan enkripsi citra menggunaakan Hill Cipher yang mendapatkan rata-rata nilai NPCR (Number of Pixel Change Ratio) sebesar 98.73685%. Namun hasil dari penilitian belum mampu menahan serangan noise dengan baik, dan masih butuh peningkatan pada metode-metode yang diterapkan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:13
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:13
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23481

    Actions (login required)

    View Item