UDiNus Repository

IDENTIFIKASI TUMBUHAN OBAT HERBAL BERDASARKAN CITRA DAUN MENGGUNAKAN ALGORITMA GRAY LEVEL CO-OCCURENCE MATRIX DAN K-NEAREST NEIGHBOR

FITTRIA, NI'MAH SHOFROTUN (2017) IDENTIFIKASI TUMBUHAN OBAT HERBAL BERDASARKAN CITRA DAUN MENGGUNAKAN ALGORITMA GRAY LEVEL CO-OCCURENCE MATRIX DAN K-NEAREST NEIGHBOR. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3951b) | Preview

    Abstract

    Kesehatan adalah hal terpenting dalam kehidupan manusia, Ketika tubuh mengalami sakit, seseorang tidak bisa melakukan kegiatan seperti biasanya. Setiap penyakit yang diderita tentu ada obatnya. Pada era modern ini manusia cenderung lebih mempercayakan pengobatan mereka ke obat-obatan kimia, padahal ada beberapa jenis kandungan obat kimia yang tak sesuai dengan tubuh kita. Tumbuhan obat herbal bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan selain menggunakan obat kimia, kandungan tanaman obat herbal lebih alami. Namun karena terlalu banyak jenis tumbuhan dan kurangnya pengetahuan akan menjadi kesulitan. Oleh karena itu, diperlukan sistem komputer yang dapat membantu masyarakat mengidentifikasi tumbuhan dengan mudah. Ada sebanyak 10 spesies tumbuhan obat herbal yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis tekstur GLCM untuk mengenali citra daun. Untuk melakukan klasifikasi tumbuhan obat herbal menggunakan KNN. Hasil percobaan menunjukkan akurasi identifikasi mencapai 83.33%. Sistem ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk membantu mengidentifikasi tumbuhan obat dengan mudah sehingga masyarakat mampu memanfaatkan tumbuhan obat herbal dengan lebih maksimal.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:13
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:13
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23484

    Actions (login required)

    View Item