UDiNus Repository

KLASIFIKASI KUALITAS BUAH PARIJOTO DENGAN EKSTRAKSI TEKSTUR GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR

TATAS, LUKITA CANDRA (2017) KLASIFIKASI KUALITAS BUAH PARIJOTO DENGAN EKSTRAKSI TEKSTUR GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4053b) | Preview

    Abstract

    Buah Parijoto (Medinella speciosa) merupakan salah satu spesies buah yang belum banyak dikaji pemanfaatannya. Buah parijoto mengandung Saponin, Kardenolin, dan Flavonoid sedangkan daunnya mengandung Saponin, Tannin, dan Kardenolin. Bagian yang sering dikonsumsi oleh ibu hamil adalah bagian buahnya karena mengandung zat gizi, flavonoid, dan vitamin yang baik untuk kesuburan kandungan. Dengan beberapa manfaat yang terkandung dalam Medinella speciosa. Maka pemilihan kualitas buah sangat penting untuk kualitas produk. Pemisahan tingkat kualitas akan lebih akurat jika dilakukan dengan teknologi yang berbasis pengolahan citra digital sebagai pembantu untuk mengatasi permasalahan inovasi tersebut. Dengan pemisahan buah berdasarkan kualitas nantinya akan diklasifikasikan berdasarkan kondisi buah yang cacat, buah berkualitas bagus dan kondisi buah yang telah busuk. Maka diharapkan dari penelitian ini yang menggunakan metode Gray Level Co-occurrence Matrix sebagai ekstraksi tekstur dalam pengolahan citra sedangkan K-Nearest Neighbor adalah metode yang digunakan untuk mengklasifikasi buah parijoto, Akurasi tertinggi adalah 80% pada sudut 90?, jarak piksel (d) = 3, dan nilai K= 1.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:16
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:16
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23503

    Actions (login required)

    View Item