UDiNus Repository

PENERAPAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH K.R.M.T WONGSONEGORO SEMARANG DENGAN METODE TOGAF ADM

AMALIA, HAQQUE RAFIUL (2017) PENERAPAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH K.R.M.T WONGSONEGORO SEMARANG DENGAN METODE TOGAF ADM. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4069b) | Preview

    Abstract

    RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang belum menerapkan konsep Enterprise Architecture (EA) secara maksimal. Ada kendala yang diperoleh dari pasien saat melakukan pengambilan obat pada bagian apotek rawat jalan yaitu sistem pada proses pengambilan obat di apotek kurang optimal. Jarak waktu antara proses pendaftaran rawat jalan hingga pengambilan obat membutuhkan waktu yang lama, sehingga waktu kurang efektif, pasien akan menunggu terlalu lama, sistem tidak berjalan dengan baik, dan tidak dapat terintegerasi dengan baik. Hal ini menunjukan proses pengembangan aplikasi yang belum maksimal, hanya melihat kebutuhan dari user saja sehingga dapat menimbulkan sistem yang belum terintegrasi. Dalam permasalahan diatas akan membahas bagaimana menerapkan TOGAF ADM itu sendiri dalam melakukan perancangan architecture enterprise sehingga menghasilkan blueprint pada pelayanan rawat jalan yang baik dan dapat digunakan untuk mencapai tujuannya. Maka solusinya adalah perlu adanya pengembangan EA itu sendiri, agar meminimalisir terjadinya perubahan dalam reorganisasi bisnis (business process reengineering) atau perubahan teknologinya dan tugas dari pengambil keputusan yaitu dapat melihat data yang akan berubah agar mempermudah dalam membuat perencanaan yang baik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:16
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:16
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23509

    Actions (login required)

    View Item