UDiNus Repository

RANCANG BANGUN SISTEM WEB SERVICE DAN BACKEND UNTUK PROSES INTEGRASI APLIKASI DESKTOP DAN MOBILE KOPERASI KARYAWAN MITRA MAKMUR

MUCHAMAD, NURUL AKBAR (2017) RANCANG BANGUN SISTEM WEB SERVICE DAN BACKEND UNTUK PROSES INTEGRASI APLIKASI DESKTOP DAN MOBILE KOPERASI KARYAWAN MITRA MAKMUR. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Koperasi Karyawan Mitra Makmur merupakan salah satu koperasi yang ada diperusahaan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Koperasi Karyawan Mitra Makmur sendiri memiliki aplikasi atau perangkat lunak yang berguna untuk menunjang kegiatan pengkoperasian. Dalam penggunaan aplikasi disini memiliki kendala dalam penyajian informasi pada karyawan yang ingin mengakses kebutuhan semua informasi yang lebih mobilitas. Solusi akan kebutuhan akses informasi yang lebih mobilitas yaitu dengan membuat web service untuk melakukan integrasi antara aplikasi desktop milik koperasi dengan aplikasi mobile dan membuat aplikasi backend sebagai sistem manajemen konten pada aplikasi mobile. Data yang digunakan untuk melakukan pertukaran atau pengiriman data memakai format JSON (Javascript Object Notation) karena dinilai lebih cepat dan lebih ringan penggunaanya. Dari penerapan web service dalam proses integrasi agar berjalan dengan baik, maka dilakukan analisis kinerja web service dengan mengukur lama waktu yang dibutuhkan ketika melakukan http request sampai mendapatkan http response. Dalam pengukuran lama waktu request web service menggunakan 2 cara yaitu dengan melakukan pengujian request dengan cara online dan local. Dalam melakukan pengujian request dari 5 pengujian rata-rata yang didapat 1192 ms (milisecond). Infrastruktur jaringan yang digunakan perlu dipertimbangkan, karena mempengaruhi proses lama waktu pada web service ketika melakukan request dan sebagai pengembangan perlu penambahan header atau metode enkripsi agar tingkat keamanan pada web service semakin bertambah. Dan pada aplikasi backend perlu adanya pengembangan dalam mengatur menampilkan data yang banyak agar bisa menjadi lebih ringan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:17
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:17
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23511

    Actions (login required)

    View Item