UDiNus Repository

Klasifikasi data pelanggan di dalam menentukan jenis pembayaran menggunakan algoritma decision tree C4.5 pada UD. Sanggar Rias Rapi

MUHAMMAD, MAJID FATURAHMAN (2017) Klasifikasi data pelanggan di dalam menentukan jenis pembayaran menggunakan algoritma decision tree C4.5 pada UD. Sanggar Rias Rapi. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3620b) | Preview

    Abstract

    Pernikahan adalah momen upacara sangat sakral dan berpengaruh bagi pasangan calon pengantin. Pasangan yang ingin menikah biasanya menginginkan sebuah konsep dalam acara pernikahannya. Karena banyaknya permintaan pembuatan acara pernikahan yang masuk di UD. Sanggar Rias Rapi, memungkinkan para UD. Sanggar Rias Rapi kesusahan untuk memilah apakah konsumen tersebut akan lancar membayar tagihan yang diajukan. Oleh karena itu penulis mencoba untuk membantu UD. Sanggar Rias Rapi memprediksi konsumen yang mengajukan permintaan pembuatan acara dengan data mining, karena data mining sangatlah efektif untuk memprediksi dalam skala besar. Penulis menggunakan algoritma C.45 dengan kriteria information gain untuk memprediksi konsumen yang mengajukan pembayaran secara lunas atau kredit. Hasil accuracy setelah data melalui tahap processing menjadi 90.48% yang menunjukan bahwa algoritma C.45 dengan kriteria information gain mampu menangani prediksi data konsumen yang ada di UD. Sanggar Rias Rapi.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:17
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:17
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23512

    Actions (login required)

    View Item