UDiNus Repository

Penjadwalan Mata Kuliah dengan Mengoptimalkan Pendistribusian Kendaraan Bermotor Mahasiswa di Universitas Dian Nuswantoro Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Teknik Informatika Menggunakan Algoritma Genetika

SINTIA, NUR INTAN (2017) Penjadwalan Mata Kuliah dengan Mengoptimalkan Pendistribusian Kendaraan Bermotor Mahasiswa di Universitas Dian Nuswantoro Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Teknik Informatika Menggunakan Algoritma Genetika. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3723b) | Preview

    Abstract

    Penjadwalan perkuliahan adalah proses penyusunan jadwal berdasarkan resource tertentu, yaitu kelas, ruang, waktu dan jam. Semakin banyak data resource mengakibatkan proses penyusunan jadwal semakin kompleks dan rumit. Pada Universitas Dian Nuswantoro khususnya pada fakultas ilmu komputer jurusan Teknik Informatika tahun angkatan 2013/2014 memiliki mahasiswa aktif 1075 orang. Data angket yang telah disebar kepada 205 orang menghasilkan 65% pengguna kendaraan bermotor. Sehingga dari data tersebut diketahui bahwa pengguna kendaraan cukup tinggi. Menimbulkan beberapa masalah seperti tidak optimalnya pendistribusian lahan parkir kendaraan untuk menampung kendaraan mahasiswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan algoritma genetika yang bekerja melalui seleksi alam dan genetika untuk mengatasi masalah tersebut. Output sistem adalah jadwal perkuliahan ideal sesuai dengan konstrain yang telah ditetapkan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:17
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:17
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23516

    Actions (login required)

    View Item