UDiNus Repository

IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN POLA PEMBELIAN SARUNG UNTUK STUDI KASUS PADA PT. PISMATEX TEXTILE INDUSTRY PEKALONGAN

RIZKA, JULIANTI DWI (2017) IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN POLA PEMBELIAN SARUNG UNTUK STUDI KASUS PADA PT. PISMATEX TEXTILE INDUSTRY PEKALONGAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3846b) | Preview

    Abstract

    Didalam jual beli suatu barang terdapat barang yang paling sering dibeli yang dapat dihitung melalui transaksi – transaksi jual beli yang dapat dilakukan. Masalah yang sering timbul adalah bagaimana cara kita untuk menentukan sebuah jenis barang – barang yang sering dibeli tersebut sehingga dapat digunakan untuk dijadikan stok yang tepat serta penempatan suatu barang yang lebih baik lagi. Perhitungan tersebut bisa diwujudkan dengan menggunakan salah satu algoritma data mining yaitu algoritma apriori. Manfaat dari algoritma apiori adalah untuk menentukan jenis sarung yang paling sering dibeli oleh konsmen dan dapat diterapkan pada sebuah perusahaan PISMATEX TEXTILE INDUSTRY di kota Pekalongan, dengan menggunakan program java. Algoritma apriori lebih sederhana dan mudah diterapkan dibandingkan dengan algoritma lainnya. Hasil dari penelitian ini bisa memberikab beberapa manfaat, diantaranya adalah kita bisa mengetahui barang yang sering dibeli oleh konsumen sehingga bisa memberikan stok yang lebih banyak, dapat menentukan tatanan suatu barang atau produk yang paling sering dibeli dibagian yang mudah dilihat dan masih banyak lagi kuntungan lainnya.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:18
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:18
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23525

    Actions (login required)

    View Item