UDiNus Repository

PENERAPAN TEKNIK DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI PENJURUSAN PROGRAM STUDI MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG

ANUGERAH, CANDRA EKA (2017) PENERAPAN TEKNIK DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI PENJURUSAN PROGRAM STUDI MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3932b) | Preview

    Abstract

    Penjurusan Program Studi adalah prosedur yang dilakukan untuk mengetahui minat belajar siswa dan potensi siswa. Peminatan program studi siswa yang diatur pada kurikulum 2013 dimana siswa mulai menentukan minat, bakat dan potensi saat masuk kelas X Sekolah Menengah Pertama. Akibat dari mulai diterapkannya kurikulum 2013 adalah sekolahan khususnya guru BK belum mengetahui potensi, bakat dan minat siswa pada mata pelajaran tertentu. Hal ini dikhawatirkan akan membuat siswa mengalami kesulitan mengikuti pelajaran jika salah memilih program studi dan akan menyebabkan siswa sulit meraih prestasi belajar. Berdasarkan permasalahan yang muncul, penerapan teknik data mining dengan algoritma C4.5 dengan tujuan mengklasifikasi penjurusan program studi di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang akan sangat diperlukan. Algoritma C4.5 Decision Tree adalah satu dari semua teknik data mining yang banyak digunakan karena mempunyai kelebihan dibanding algoritma yaitu menghasilkan pohon keputusan yang dapat diinterprestasikan dan mempunyai akurasi relatif tinggi.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:18
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:18
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23528

    Actions (login required)

    View Item