UDiNus Repository

Penerapan Algoritma Klasifikasi Naive Bayes untuk Menganalisa Karakteristik DPT Non-participate untuk Prakiraan partisipan pada Komisi Pemilihan Umum di Kota Semarang

HASHEMI, PRADITYA ESSA (2017) Penerapan Algoritma Klasifikasi Naive Bayes untuk Menganalisa Karakteristik DPT Non-participate untuk Prakiraan partisipan pada Komisi Pemilihan Umum di Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3873b) | Preview

    Abstract

    Pemilihan umum merupakan budaya politik yang diterapkan di Indonesia untuk memilih calon pemimpin. Namun dari tahun ke tahun jumlah penduduk yang tidak berpartisipasi dalam pemilihan umum semakin meningkat, hal ini dikarenakan masyarakat tidak menyadari betapa pentingnya pemilihan umum bagi kegiatan politik yang berjalan di Indonesia dan ketidakjelasan data Daftar Pemilih Tetap. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk Menerapkan algoritma klasifikasi Naive Bayes untuk melakukan prediksi pada data Daftar Pemilih Tetap dan mengetahui karakteristik dari Daftar Pemilih Tetap yang tidak berpartisipasi dalam pemilihan umum atau Non-participate. Maka dari itu dilakukan penelitian ini untuk membantu Komisi Pemilihan Umum kota Semarang sehingga dapat dilakukan penyuluhan oleh kecamatan untuk penduduk setempat dengan tujuan untuk meningkatkan persentase penduduk yang berpartisipasi dalam pemilihan umum. Klasifikasi Naive Bayes mengklasifikasi penduduk berdasarkan keikutsertaan mereka pada pemilihan umum sebelumnya yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan prediksi pada Aplikasi prediksi Daftar Pemilih Tetap. Tools yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah RapidMiner dan Netbeans. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi prediksi DPT berbasis Java.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:18
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:18
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23531

    Actions (login required)

    View Item