UDiNus Repository

KLASIFIKASI JENIS BIJI KOPI DENGAN EKSTRAKSI TEKSTUR BERBASIS HISTOGRAM PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOUR

ORLINCIA, ALESSANDRA (2017) KLASIFIKASI JENIS BIJI KOPI DENGAN EKSTRAKSI TEKSTUR BERBASIS HISTOGRAM PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOUR. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3812b) | Preview

    Abstract

    Kopi arabika dan biji kopi robusta, Proses penyortiran oleh petani masih dilakukan secara manual berdasarkan bentuk biji kopi tersebut pemilahan atau penyortiran secara manual memiliki banyak kekurangan yaitu kurang efisien, obyektif dan konsistensi karena pemilahan dilakukan manual oleh manusia. Maka dari itu diperlukan sebuah sistem untuk melakukan penyortiran jenis biji kopi berdasarkan jenis biji kopi arabika dan jenis biji kopi robusta secara sistematis dan mendapatkan hasil yang lebih akurat. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi jenis biji kopi dengan mengunakan metode klasifikasi K-Nearest Neighbour (KNN) yang mengunakan perhitungan jarak Euclidean dengan acuan kedekatan K= 5 dan K=7. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu 130 data citra yang terdiri dari 110 data citra digunakan sebagai data latih dan 20 data citra digunakan sebagai data uji. Hasil dari penelitian ini didapatkan akurasi dari nilai kedekatan K=5 sebesar 80% dan dengan kedekatan K=7 sebesar 85%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:18
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:18
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23532

    Actions (login required)

    View Item