UDiNus Repository

Sistem pendukung Keputusan Penentu Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat Raskin berbasis Web di Kelurahan Pindrikan Kidul Semarang Tengah

NIRMA, SANTI CEISA (2017) Sistem pendukung Keputusan Penentu Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat Raskin berbasis Web di Kelurahan Pindrikan Kidul Semarang Tengah. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Program Raskin yang telah diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia adalah program yang dibuat pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakat berpendapatan kurang melalui subsidi pangan. Terbantunya masyarakat berpendapatan kurang tidak diiringi dengan adanya informasi yang memadai serta ketidak tepatan sasaran pada saat pendataan penduduk miskin yang menjadi rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM). Adanya beberapa masalah lainnya seperti pada pihak internal pendataan yang salah dalam perhitungan nilai kriteria calon penerima juga menjadi kurangnya nilai keberhasilan pencapaian pada progam pemerintah yang harusnya membantu negara mengurangi kemiskinan dengan profesionalisme tinggi. Untuk mengurani masalah yang ada diperlukan alat bantu yang berguna bagi pelaksana program pemerintah terutama pada bagian internal operation. Alat bantu paling penting yang dibutuhkan saat ini adalah system pendukung keputusan untuk membantu khususnya kepala Kelurahan Pindrikan Kidul dalam mendata dan mengolah data penduduk miskin agar pelaksanaan program ini tepat sasaran. Pembuatan web dengan metode Simple Additive Weighting(SAW) dirasa sangat tepat karena dengan algoritma yang sudah di tata dengan rinci dan teliti kemudian masyarakat umum juga bisa mendapat informasi secara cepat di era yang serba digital ini. Dengan sifat web yang fleksible akan memudahkan sistem pendukung keputusan ini yang akan digunakan dalam pengolahan data dan pelaksanaan program menjadi efektif, efisien, transparan dan tepat sasaran.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:20
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:20
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23568

    Actions (login required)

    View Item