UDiNus Repository

Implementasi Algoritma Prefixspan Untuk Menentukan Pola Sekuensial pada Transaksi Penjualan Obat (Studi Kasus Apotek Sana Farma Semarang)

DANEL, ANDREA CHRISTIAN (2017) Implementasi Algoritma Prefixspan Untuk Menentukan Pola Sekuensial pada Transaksi Penjualan Obat (Studi Kasus Apotek Sana Farma Semarang). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Informasi merupakan hal penting yang sangat dibutuhkan oleh setiap lapisan masyarakat, mulai dari individu sampai kepada organisasi ataupun perusahaan. Apotek adalah salah satunya yang juga memerlukan sebuah informasi dalam hal untuk menjalankan bisnisnya, informasi yang diperoleh bisa didapat dari mana saja. Pada kasus Apotek Sana Farma Semarang, informasi yang diperoleh didapat dari data transaksi penjualan obat yang belum dapat dimanfaatkan secara maksimal. Apotek merupakan tempat yang transaksi penjualannya berlangsung setiap hari sehingga semakin lama data penjualan yang tersimpan sangatlah besar. Usaha yang dilakukan Apotek dalam melakukan penjualan dirasa masih kurang. Karena itu perlu adanya sebuah aplikasi untuk melakukan analisa pada data transaksi penjualan dengan menggunakan metode data mining untuk memperoleh pola – pola perilaku konsumen dalam membeli sutau barang pada periode waktu tertentu. Pembangunan aplikasi ini dilakukan dengan metode pengenbangan RAD(Rapid Application Development) dan bahasa pemograman PHP serta Mysql sebagai databasenya. Algoritma yang digunakan dalam pembangunan aplikasi ini adalah algoritma Prefixspan yaitu merupakan sebuah teknik data mining untuk mencari pola sekuensial dalam data. Pencarian pola dilakukan dengan cara melakukan pencarian terhadap transaksi konsumen yang memiliki keterurutan pembelian barang. Berdasarkan uji coba yang dilakukan menggunakan parameter nilai 50% dan 13 hari, ditemukan bahwa kekuatan pola yang dihasilkan terpengaruh pada input nilai minimum support dan jumlah data transaksi. Pola transaksi dari data yang diuji nantinya dapat dijadikan informasi oleh pihak apotek untuk strategi penjualan ataupun pengadaan stok barang pada apotek.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:20
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:20
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23578

    Actions (login required)

    View Item