UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CLUSTERING UNTUK REKOMENDASI PEMASARAN DAN PERIKLANAN PADA PERUSAHAAN ENGLISH FIRST (EF) SEMARANG

TIMOTIUS, WIDAGDO ALVIN (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CLUSTERING UNTUK REKOMENDASI PEMASARAN DAN PERIKLANAN PADA PERUSAHAAN ENGLISH FIRST (EF) SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3930b) | Preview

    Abstract

    Dengan adanya kemajuan ekonomi yang begitu pesat, strategi pemasaran dan periklanan menjadi peran penting dalam menyejahterakan kondisi ekonomi perusahaan. Dimana seorang marketing manager diharapkan dapat mengoptimalkan pendapatan dan pengeluaran biaya oleh perusahaan. Dan salah satu cara untuk mengoptimalkan pengeluaran adalah dengan melakukan strategi pemasaran dan pemasangan iklan yang sesuai dengan daya beli masyarat di area tersebut. Marketing manager membutuhkan data dan riset secara manual dalam menentukan strategi pemasaran sehingga membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu penulis membuat dan mengangkat judul Implementasi Data Mining berbasis metode Clustering untuk Rekomendasi Pemasaran dan Periklanan pada Perusahaan English First (EF) Semarang, agar dapat membantu mempermudah dan mempercepat marketing manager dalam menentukan strategi pemasaran dan periklanan serta meminimalisir biaya yang dikeluarkan dalam melakukan riset. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan pengamatan data yang telah diperoleh perusahaan pada kurun waktu November 2016 sampai Februari 2017 dan diproses dengan menggunakan metode Clustering.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:21
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23592

    Actions (login required)

    View Item