UDiNus Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA ALGGOMERATIVE HIERARCHICAL CLUSTERING DAN NAIVE BAYES CALSSIFIER UNTUK KLASIFIKASI OPINI PADA TWITTER SEPUTAR FASILITAS UMUM DI JAWA TENGAH

ALDILAN, SISSANDHY NOORMAN (2017) IMPLEMENTASI ALGORITMA ALGGOMERATIVE HIERARCHICAL CLUSTERING DAN NAIVE BAYES CALSSIFIER UNTUK KLASIFIKASI OPINI PADA TWITTER SEPUTAR FASILITAS UMUM DI JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4023b) | Preview

    Abstract

    Saat ini, sosial media twitter merupakan salah satu sosial media yang paling digemari, terbukti dengan bertambahnya pengguna setiap hari. Banyak informasi dengan berbagai topik yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna. Tak terkecuali informasi mengenai keluhan masyarakat tentang fasilitas umum yang dikelola oleh pemerintah. Dengan ketersediaan informasi keluhan yang masuk, pemerintah dapat menfaatkan informasi tersebut untuk membantu menyelenggarakan pembangunan daerah ke arah yang lebih baik. Tetapi dengan informasi yang meningkat pada sosial media mengakibatkan pemerintah daerah Jawa Tengah membutuhkan cara yang efisien untuk memilah informasi yang ada. Pada penelitian ini informasi keluhan yang ada pada sosial media Twitter diklasifikasikan ke dalam 5 kelas. Proses klasifikasi dilakukan melalui 2 tahap yaitu tahap clustering dengan algoritma Agglomerative Hierarchical Clustering dan tahap klasifikasi dengan algoritma Naïve Bayes Classification untuk mengolah 450 data. Melalui kedua proses tersebut didapatkan akurasi global sebesar 78% dengan menggunakan conffusion matrix.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:21
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23594

    Actions (login required)

    View Item