Imron, Much. and Arianto, Dwi Agung Nugroho and Wibowo, Purwo Adi (2011) ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA MUSEUM. Semantik 2011. pp. 47-53. ISSN 979-26-0255-0
PDF Restricted to Registered users only Download (133Kb) | Request a copy |
Abstract
Museum dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sejarah, dan kebudayaan. Museum seharusnya dapat menarik perhatian masyarakat agar berkunjung dan mendorong keingintahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi produk dan orientasi pasar terhadap kinerja museum. Orientasi pasar terdiri dari orientasi pelanggan, koordinasi antarfungsi dan orientasi pesaing. Sedangkan kinerja museum terdiri dari kinerja sosial dan kinerja ekonomi. Populasi penelitian adalah seluruh museum di seluruh Indonesia. Diperoleh Sampel sejumlah 43 museum dari 132 museum di Indonesia yang terdaftar di Direktorat Museum, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia, yang diambil secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang dikirim menggunakan jasa pos kemudian diambil langsung atau wawancara via telepon. Teknik analisis yang digunakan adalah PLS (partial least square) dengan bantuan software SmartPLS. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap kinerja sosial museum adalah orientasi produk dan orientasi pelanggan, yang lebih kuat pengaruhnya adalah orientasi produk. Sedangkan variabel yang berpengaruh terhadap kinerja ekonomi adalah orientasi pelanggan dan kinerja sosial, yang pengaruhnya lebih kuat adalah kinerja sosial. Kata kunci: museum, orientasi produk, orientasi pasar, kinerja
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > HB Economic Theory Semantik 2013 > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Library of Congress Subject Areas > Ilmu Sosial > Manajemen |
Depositing User: | Mr Imanuel Harkespan |
Date Deposited: | 28 Jun 2012 09:31 |
Last Modified: | 22 Dec 2014 12:39 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/25 |
Actions (login required)
View Item |