Kekalih S, MG. Westri and Rahutami, Ika and Sugiharto, J (2011) PENERAPAN MEDIA INFORMASI PEMASARAN DAERAH TERHADAP KEPUTUSAN INFORMASI : STUDI EKSPERIMENTAL IKLAN PEMASARAN DAERAH. Semantik 2011. pp. 54-63. ISSN 979-26-0255-0
PDF Restricted to Registered users only Download (454Kb) | Request a copy |
Abstract
Kehadiran investasi swasta semakin dirasakan penting, baik sebagai titik ungkit pertumbuhan ekonomi maupun sebagai alat untuk peningkatan kesempatan kerja serta menghilangkan kemiskinan. Terkait dengan upaya menarik investor, telah banyak daerah yang mempunyai perencanaan yang baik, baik menyangkut tata ruang wilayah maupun kelembagaan pelayanan perijinan investasi serta memberikan berbagai insentif untuk menarik investor, namun belum mampu mewujudkannya. Hal ini ditunjukkan dengan masih rendahnya minat investasi swasta di daerah. Bertitik tolak dari kondisi tersebut, maka perlu kiranya daerah menerapkan konsep pemasaran daerah (marketing places), yakni upaya untuk mengkomunikasikan atau mempromosikan potensi daerah kepada investor. Jawa Tengah, secara khusus BPMD telah memiliki suatu media untuk menunjukkan profil daerah terkait investasi yang dapat diakses di www.central-java.com . Namun tampaknya media berbasis internet ini belum mencukupi untuk digunakan sebagai media utama mengundang investor masuk ke Jawa Tengah. Berkaitan hal tersebut, penelitian ini akan mengamati secara lebih mendalam persepsi investor/calon investor atas penggunaan situs www.cental-java.com sebagai strategi iklan pemasaran daerah dengan menggunakan proses adopsi dan AIDA, mengidentifikasi kesenjangan antara harapan investor atas web www.central-java.com dengan kondisi yang sesungguhnya serta membuat design alternatif www.central-java.com dengan mempertimbangan kebutuhan investor. Dengan menggunakan metode eksperimen laboratorium iklan pemasaran daerah untuk mengetahui proses pengambilan keputusan investor/calon investor dalam berinvestasi berdasarkan konsep AIDA, dalam penelitian ini teridentifikasi bahwa adopsi website sebagai media informasi terkait investasi cenderung masih sampai pada tahapan mencoba mempertimbangan untuk mencoba dan mencoba mempercayai, belum sampai pada penggunaan web sebagai media informasi, terdapat kesenjangan negatif antara harapan dan sesungguhnya atas berbagai informasi investasi. Selain itu, eksperimen laboratorium menemukan bahwa:Informasi cara pengajuan investasi baru, informasi mengenai insentif yang disediakan untuk mendukung investasi dan informasi mengenai program-program promosi investasi sangat dibutuhkan investor, Ikon bahasa dan Kabupaten/kota merupakan ikon yang menarik untuk dilihat lebih lanjut bahkan bahkan diklik, peluang investasi merupakan informasi yang paling banyak diakses dan dibuka pertama kali setelah mengklik ikon bahasa, pada Ikon berinvestasi Di Jawa Tengah, yang paling menarik untuk dibuka secara berturut-turut adalah informasi keuntungan berinvestasi di Jawa Tengah, keunggulan Jawa Tengah dan jalur perdagangan.Pilihan peluang investasi yang dilihat terutama adalah di bidang infrastruktur, pariwisata dan agrobisnis. Pada ikon layanan investasi, informasi investasi dan pelayanan investasi merupakan informasi yang paling menarik. Terdapat kecenderungan untuk mengklik Ikon Mengenai Kami, Berita, Interaksi dan Kabupaten/Kota. Kata kunci : Media informasi, Investasi, Marketing Places, AIDA
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > HB Economic Theory Semantik 2013 > HB Economic Theory |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > T Technology > Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Imanuel Harkespan |
Date Deposited: | 28 Jun 2012 10:20 |
Last Modified: | 22 Dec 2014 14:00 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/26 |
Actions (login required)
View Item |