UDiNus Repository

Multimedia Presentasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Pengenalan Pancaindra dalam Mendukung Mata Pelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar

Sari, Wellia Shinta and Dewi, Ika Novita and Setiawan, Abas (2012) Multimedia Presentasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Pengenalan Pancaindra dalam Mendukung Mata Pelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar. Semantik 2012. pp. 24-29. ISSN 979 - 26 - 0255 - 0

[img] PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (639Kb) | Request a copy

    Abstract

    Pengembangan multimedia presentasi pembelajaran merupakan salah satu alat bantu guru dalam proses pembelajaran di kelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Multimedia pembelajaran ternyata sangat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa, misalnya dengan aplikasi presentasi seperti Microsoft Power Point, dan bisa ditambahkan multimedia linear berupa film dan video serta efek animasi untuk memperkuat pemahaman siswa, misalnya Augmented Reality (AR). Teknologi AR yang dikembangkan akan dipakai untuk membantu mengembangkan multimedia presentasi pembelajaran dalam mendukung proses belajar dan mengajar materi pengenalan pancaindra tingkat Sekolah Dasar sehingga mambantu siswa dalam memahami struktur dan fungsi pancaindra pelajaran IPA tingkat Sekolah Dasar khususnya kelas 4. Aplikasi AR dikembangkan dengan metode problem based learning yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, dan pengujian. Aplikasi AR ini menggunakan gambar animasi 3D yang didesain menggunakan Autodesk 3ds Max dan dibangun menggunakan pemrograman flash dengan library FLARToolkit, Papaervision3D, dan FLARGenerator. Kata kunci : Augmented Reality, Pancaindra, FLARToolkit

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Imanuel Harkespan
    Date Deposited: 02 Jul 2012 14:36
    Last Modified: 01 Mar 2013 19:38
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/47

    Actions (login required)

    View Item