UDiNus Repository

Aplikasi Permainan Battleship Menggunakan Algoritma Runut-Balik Dengan Breadth First Search

Aliyanto, Alif and Ishak, Felix Novendo (2013) Aplikasi Permainan Battleship Menggunakan Algoritma Runut-Balik Dengan Breadth First Search. Semantik 2013, 3 (1). pp. 24-28. ISSN 979-26-0266-6

[img] PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (310Kb) | Request a copy

    Abstract

    Battleship merupakan permainan berjenis board game. Cara memainkannya dengan menembakan kotak-kotak yang kosong pada papan permainan sampai salah satu menang antara pemain atau komputer (AI). Permainan battleship ini berbasis komputer memiliki kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sehingga permainan ini tidak membutuhkan dua orang untuk bermain. Selain juga tidak memerlukan dua orang untuk bermain, pemain juga dapat menimati permainan battleship ini dengan kecerdasan buatan (AI) yang dilengkapi dengan algoritma atau metode. Metode yang diambil sebagai pembuatan permainan battleship ini adalah algoritma backtracking dengan menggunakan metode BFS. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah agar pemain yang ingin memainkan permainan battleship ini dapat menjalankan aplikasi ini dengan algoritma yang sudah dilengkapi dengan pencarian solusi yang dibuat. Gambaran permainan battleship ini seperti permainan yang saling menghancurkan, tetapi yang tema yang diambil dalam pembuatan aplikasi ini adalah apakah pencarian solusi dengan menggunakan algoritma backtracking metode BFS merupakan metode atau algoritma yang sangat efisien dalam aplikasi permainan battleship ini. Aplikasi permainan battleship ini dibuat dengan menggunakan metode waterfall dengan pemodelan Unified Modeling Language (UML). Serta menerapkan algoritma backtracking metode BFS. Aplikasi menggunakan penerapan pencarian solusi yang digunakan dengan menggunakan algoritma backtracking. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai media hiburan. Selain sebagai media hiburan, aplikasi ini pun dapat dikembangkan dengan fitur yang lebih menarik lagi. Kata Kunci : Battleship, Artificial Intelligence, Backtracking, BFS

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika > INF Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika > INF Informatika
    Semantik 2013 > INF Informatika
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Mr Imanuel Harkespan
    Date Deposited: 18 Nov 2013 11:43
    Last Modified: 18 Nov 2013 11:44
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/5123

    Actions (login required)

    View Item