UDiNus Repository

Analisa Kelengkapan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Dibagian TPPRJ

SAULIS, MUSTOFIROH (2013) Analisa Kelengkapan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Dibagian TPPRJ. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (303Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Program Studi DIII Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan Fakultas Kesehata Universitas Dian Nuswantoro Semarang 2013 ABSTRAK SAULIS MUSTOFIROH Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Dibagian TPPRJ RSUD Kayen – Pati periode 2012-2013 TPPRJ sering kali hanya dianggap sebagai tempat pendaftaran saja. Padahal ditempat inilah kontak pertama kali antara pasien dengan rumah sakit. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif yaitu menggambarkan keadaan dari pengamatan dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian adalah pasien yang mendaftar di TPPRJ tahun 2011 dengan sampel yang diambil adalah 87 sampel. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Pengumpulan data merupakan data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari pasien berupa jawaban terhadap pertanyaan kuisioner atau wawancara. Sedangkan pengolahan data dilakukan dengan editing, skoring, dan tabulasi dengan analisa data berupa analisa Diskriptif. Dari hasil penelitian pada pelayanan petugas pendaftaran sebesar 90,8% pasien merasa puas. Keseluruan jawaban dari masing–masing pertanyaan pelayanan petugas kepuasan tertinggi pada keramahan 73% puas, suasana pengantrian diloket 72,3% puas, kecepatan petugas 85% puas, cara petugas menyampekan informasi 60,9% puas, dan cara mendapatkan data 88,5% puas. Pada kondisi ruang tunggu sebesar 54% pasien merasa puas. Keseluruan jawaban dari masing–masing pertanyaan kepuasan fasilitas pada jumlah tempat duduk yang tersedia 58,6%, fasilitas dalam kamar mandi (Wc) 66,6% dan pencahayaan diruang TPPRJ 82,8%. Ketidakpuasan terhadap fasilitas pada kenyamanan diruang tunggu sebesar 77%, kebersihan diruang tunggu sebesar 68,9%, fasilitas diruang tunggu sebesar 66,7% dan perlukah keberadaan fasilitas hiburan (tv) sebesar 72,2%. Jadi hasil kuisioner atau wawancara kepuasan pasien terhadap pelayanan di TPPRJ sebagian besar pasien menyatakan puas terhadap pelayanan di TPPRJ. Dan sebagiannya lagi menyatakan tidak puas, diharap pihak rumah sakit memberi fasilitas lagi demi kenyamanan pasien. Kata kunci : TPPRJ, Kepuasan, Pelayanan Petugas, Fasilitas Petugas Kepustakaan : 7 buah

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 13:55
      Last Modified: 21 Nov 2014 06:34
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/6533

      Actions (login required)

      View Item