UDiNus Repository

HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN RAWAT JALAN TENTANG MUTU PELAYANAN DOKTER DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD KOTA SALATIGA TAHUN 2013

ENDAH, SUGESTI (2014) HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN RAWAT JALAN TENTANG MUTU PELAYANAN DOKTER DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD KOTA SALATIGA TAHUN 2013. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (707Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      RSUD Kota Salatiga merupakan rumah sakit tipe B yang terletak di Kota Salatiga. Berdasarkan data kunjungan rawat jalan diketahui bahwa jumlah pasien rawat jalan mengalami penurunan dari tahun 2010 – 2012. Dari kotak saran didapatkan keluhan pasien yang menyangkut pelayanan dokter di poliklinik rawat jalan menempati urutan tertinggi (51,4%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi pasien rawat jalan tentang mutu pelayanan dokter (bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan kepastian dan empati) dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Pengumpulan data dengan wawancara menggunakan kuesioner. Sampel berjumlah 100 orang responden yang merupakan pasien rawat jalan. Teknik pengambilan sampel dengan cara Accidental sampling dan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara persepsi pasien rawat jalan tentang mutu pelayanan dokter (Bukti langsung) dengan kepuasan pasien rawat jalan (p = 0,000); Ada hubungan antara persepsi pasien rawat jalan tentang mutu pelayanan dokter (Kehandalan) dengan kepuasan pasien rawat jalan (p= 0,002); Ada hubungan antara persepsi pasien rawat jalan tentang mutu pelayanan dokter (Daya tanggap) dengan kepuasan pasien rawat jalan (p = 0,000); Ada hubungan antara persepsi pasien rawat jalan tentang mutu pelayanan dokter (Jaminan kepastian) dengan kepuasan pasien rawat jalan (p = 0,000; Ada hubungan antara persepsi pasien rawat jalan tentang mutu pelayanan dokter (Empati) dengan kepuasan pasien rawat jalan (p = 0,000). Disarankan kepada manajemen RSUD Kota Salatiga untuk mengadakan sosialisasi pentingnya peran dokter dalam meningkatkan kepuasan pasien, mengevaluasi kinerja dokter, menjalankan sistem absen sidik jari berikut sangsi sesuai aturan kepegawaian.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 13:58
      Last Modified: 21 Nov 2014 04:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/6632

      Actions (login required)

      View Item