UDiNus Repository

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS PEMBANTU DI DESA SURABAYA KECAMATAN TELUK SEGARA KOTA BENGKULU TAHUN 2009

DIAN, SAMISA (1970) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS PEMBANTU DI DESA SURABAYA KECAMATAN TELUK SEGARA KOTA BENGKULU TAHUN 2009. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (11Kb) | Preview

    Abstract

    Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kepada pasien yang berdasarkan standar kualitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien sehingan pasien dapat memperoleh kepuasan yang akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan kepada Puskesmas. Pada Puskesmas Pembantu Teluk Segara Kota Bengkulu berdasarkan data kunjungan pasien dalam 5 bulan dan 5 tahun terakhir terdapat penurunan jumlah kunjungan pasien atau cenderung tidak stabil. Sedangkan jasa pelayanan kesehatan yang diwujudkan dalam 5 dimensi, antara lain: Bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan kepedulian (empaty), dimana kelima dimensi tersebut merupakan faktor pendorong kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek kualitas pelayanan ( Reliability, Responsiveness, Empaty, Assurance, dan Tangible) pada Puskesmas Pembantu Teluk Segara Kota Bengkulu. Dimana berdasarkan data kunjungan pasien dalam 5 bulan dan 5 tahun terakhir terdapat penurunan jumlah kunjungan pasien atau cenderung tidak stabil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap 6 orang subyek penelitian yaitu Pasien Puskesmas Pembantu Desa Surabaya sedangkan crosscheck terhadap informan kepada dokter dan bidan Puskesmas Pembantu Desa Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan telah bisa diandalkan karena dapat menyelesaikan masalah ketuhan yang diderita pasien dengan baik (reliability), memiliki daya tanggap baik dengan ditunjukkan adanya pelayanan yang cepat tanpa membiarkan pasien menunggu lama(responsiveness), dapat menjamin pasien tanpa ragu (assurance), telah melayani pasien dengan ramah dan baik (empaty), serta memiliki alat yang masih sederhana sehingga merujuk pada pasien yang memerlukan pemeriksaan darah (tangibles). Puskesmas Pembantu Desa Surabaya lebih meningkatkan sarana fisik dengan memperluas ruang pemeriksaan dan menambah fasilitas yang berhubungan dengan pemeriksaan darah sehingga pelayanan di Puskesmas Pembantu Desa Surabaya dapat lebih baik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:20
    Last Modified: 21 Nov 2014 00:46
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7306

    Actions (login required)

    View Item