UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG 2008

NAZMI, DESKY (1970) HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG 2008. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (44Kb) | Preview

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini adalah adanya pro kontra yang muncul berkaitan dengan manajemen mutu pelayanan kesehatan Poliklinik UDINUS yang diberikan kepada mahasiswa dan karyawan UDINUS. Pelayanan tersebut dianggap belum sesuai dengan pengorbanan atau kewajiban yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa dan karyawan pada setiap semesternya. Akan tetapi, pro kontra ini tentu saja bersifat subjektif dan sulit untuk di ukur karena kepuasaan manusia cenderung tidak terhingga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di Poliklinik UDINUS. Penelitian ini termasuk dalam penelitian analitik kuantitatif, karena hubungan antara variabel-variabel dijelaskan melalui pengujian hipotesa yang dilakukan dengan Pendekatan cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa dan karyawan UDINUS yang masih aktif, sedangkan pemilihan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sistem angket. Pengolahan dan analisis data menggunakan program komputer SPSS dengan uji korelasi Rank Spearman. Dari hasil analisis diketahui bahwa : (1) ada hubungan antara pelayanan dokter dengan tingkat kepuasan pasien dengan nilai P. Value = 0,0001 dan rho 0,416 (2) ada hubungan antara pelayanan perawat dengan tingkat kepuasan pasien dengan nilai P. Value = 0,0001 dan rho 0,538 (3) ada hubungan antara pelayanan farmasi (obat) dengan tingkat kepuasan pasien dengan nilai P. Value = 0,0001 dan rho 0,502 (4) ada hubungan antara keadaan sarana fisik dengan tingkat kepuasan pasien dengan nilai P. Value = 0,0001 dan rho 0,657. Saran yang ditujukan kepada kepala Poliklinik UDINUS adalah agar dibentuk Tim pengawas/pengendali Mutu dan melakukan evaluasi kinerja Pelayanan Dokter, Pelayanan Perawat, Pelayanan Farmasi (obat) dan Keadaan Sarana Fisik secara berkala. Diharapkan pula agar dapat meningkatkan manajemen interpersonal (keramahan, komunikatif, responsif, informatif dan suportif) serta dapat melayani pasien dengan sepenuh hati dan rasa tanggung jawab sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Memperluas ruang periksa dan ruang tunggu serta membuat tempat parkir khusus bagi pasien yang ingin berobat ke Poliklinik UDINUS. selain itu, penting pula untuk menambah jenis variasi obat yang lebih berkualitas.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:22
    Last Modified: 21 Nov 2014 00:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7380

    Actions (login required)

    View Item