UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN INSTALASI LABORATORIUM DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RS PANTI WILASA Dr. CIPTO SEMARANG TAHUN 2008

EKO, PURWANDYO JOKO (1970) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN INSTALASI LABORATORIUM DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RS PANTI WILASA Dr. CIPTO SEMARANG TAHUN 2008. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (169Kb) | Preview

    Abstract

    Meningkatnya persaingan kualitas pelayanan rumah sakit memacu intensitas persaingan bagi rumah sakit. Agar tujuan kualitas pelayanan dapat tercapai secara maksimal, maka rumah sakit harus mampu memperhatikan selera, daya beli, pelayanan, dan persepsi pasien terhadap biaya rumah sakit. Sehingga pelayanan kesehatan selalu dituntut untuk memberikan mutu yang baik dengan harapan pasien tersebut mendapatkan kepuasan. Jasa pelayanan kesehatan yang diwujudkan dalam 5 dimensi, antara lain : Bukti langsung (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan kepedulian (empathy). Kelima dimensi tersebut merupakan faktor pendorong kepuasan pelanggan. Salah satu instalasi penunjang medis yang memberikan pelayanan menyeluruh dan terpadu guna meningkatkan kemampuan hidup sehat adalah laboratorium RS Panti wilasa Dr. Cipto Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sapek kualitas pelayanan (Reliability, Responsiveness, Empathy, Assurance dan Tangible) dengan Kepuasan Pasien pada Laboratorium di RS Panti Wilasa Dr. Cipto Semarang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Metode penelitian yng digunakan adalah survei yaitu penelitian yang mengambil 100 sampel dari 3736 populasi dan menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data, dengan pendekatan cross sectional dimana pengamatan variabelnya dilakukan secara bersama-sama. Dengan uji pearson product moment, skala interval dan tingkat signifikansi 0,05 didapatkan hasil penelitian sebagai berikut : Ada hubungan antara reliability dengan kepuasan pasien, (P Value 0,000 dan rho 0,725), Ada hubungan antara responsiveness dengan kepuasan pasien, (P Value 0,000 dan rho 0,711), Ada hubungan antara empathy dengan kepuasan pasien, (P Value 0,000 dan rho 0,767), Ada hubungan antara assurance dengan kepuasan pasien, (P Value 0,000 dan rho 0,728), Ada hubungan antara tangible dengan kepuasan pasien (P Value 0,000 dan rho 0,789), dengan uji reliabilitas 0,1877 dan data valid tidak ada nilai negatif pada total skor. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan Laboratorium RS Panti Wilasa Dr. Cipto lebih meningkatkan aspek kualitas pelayanan yang meliputi Reliability, Responsiveness, Empathy, Assurance dan Tangible dengan kepuasan pasien, salah satu langkah yang dilakukan yaitu petugas memberikan informasi kepada pelanggan dengan seksama dan membantu kesulitan pasien sat mencari informasi. Melakukan quality control dan kalibrasi alat agar akurasi hasil terjamin serta petugas mengikuti pelatihan plebotomi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:22
    Last Modified: 20 Nov 2014 23:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7384

    Actions (login required)

    View Item