LUCIA, MARTANTI (1970) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN LAMA RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUP DR KARIADI SEMARANG TAHUN 2008. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (38Kb) | Preview |
Abstract
Pelayanan rawat jalan adalah pelayanan kedokteran yang disediakan untuk pasien tidak dalam bentuk rawat inap (hospilitalization). Rawat jalan merupakan tempat kontak pertama antara rumah sakit dengan pengguna jasa pelayanan kesehatan. Sehingga pelayanan kesehatan di unit rawat jalan selalu dituntut memberikan mutu pelayanan yang baik dengan harapan pasien yang telah memanfaatkan pelayanan tersebut mendapatkan kepuasan. Pelayanan rawat jalan yang ada, diantaranya poliklinik rawat jalan, bedah, anak, kandungan dan mata. Poliklinik penyakit dalam rumah sakit dr. Kariadi adalah salah satu pelayanan kesehatan yang banyak dikunjungi pasien. Banyaknya jumlah kunjungan unit rawat jalan dipoliklinik penyakit dalam harus didukung dengan mutu yang baik dari pelayanan dokter, perawat dan sarana fisik kepada pasien. Berdasarkan data kunjungan pasien rawat jalan di poliklinik penyakit dalam rumah sakit DR. Kariadi Semarang pada tahun 2002 sampai dengan 2006 terdapat penurunan jumlah kunjungan atau cenderung tidak stabil. Yaitu pada tahun 2002 sebanyak 46.495 pasien, 2003 sebanyak 42.438 pasien, 2004 sebanyak 41.128 pasien, 2005 sebanyak 39.910 pasien dan 2006 sebanyak 38815 pasien Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan kesehatan yang meliputi : pelayanan dokter, perawat dan sarana fisik dengan kepuasan pasien rawat jalan di poliklinik penyakit dalam RS DR. Kariadi Semarang Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel adalah 98 responden dengan teknik pengambilan sampel secara Acidental Sampling. Dan uji statistik yang digunakan adalah Rank spearman, untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dan terikat. Dengan skala interval dengan tingkat signifikasi 0,05 didapatkan hasil penelitian sebagai berikut : Ada hubungan antara variabel pelayanan dokter dengan kepuasan pasien (P value = 0,00 dan rho 0,540). Ada hubungan antara variabel pelayanan perawat dengan kepuasan pasien (P value 0,038 dan rho 0,501). Ada hubungan antara variabel kenyamanan sarana fisik dengan kepuasan pasien (P value = 0,000 rho = 0,548). Berdasarkan hasil diatas disarankan agar pihak RSUP DR Kariadi meningkatkan mutu pelayanan, meliputi : melakukan evaluasi kinerja pelayanan dokter, perawat dan sarana fisik yang ada secara berkala, sehingga dapat memantau mutu pelayanan kesehatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 15:23 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 23:47 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7399 |
Actions (login required)
View Item |