IKA, RIDINTIKA (1970) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT JALAN OLEH MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (34Kb) | Preview |
Abstract
Persepsi pasien tentang pemanfaatan pelayanan akan berbeda, mereka datang berobat ke Puskesmas Ungaran dengan harapan fasilitas pelayanan yang diterimanya sesuai dengan keinginannya. Dengan tidak terpenuhi harapannya tersebut maka pasien akan berganti ke pelayanan pengobatan yang lain. Dengan demikian, terjadi penurunan jumlah kunjungan dari tahun 2005 sampai tahun 2006 di Puskesmas Ungaran. Penurunan terbesar berada di wilayah Gogik 19.1 %, sedangkan penurunan yang paling kecil di daerah Ungaran yaitu sebesar 8.6 %. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan rawat jalan oleh masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Ungaran. Jenis penelitian menggunakan metode rapid survey dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 210 responden. Pengambilan sampel dengan bantuan komputer dengan menerapkan rancangan klaster dua tahap dengan pemilihan klaster pada tahap pertama secara probability proportionate to size dan pada tahap kedua dengan pemilihan sampel rumah tangga. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Data yang diperoleh diolah dan dianalisa dengan uji statistik Rank Spearman. Dari hasil uji statistik Rank Spearman pada variabel bebas yaitu predisposing factor (tingkat pendidikan, pengetahuan, dan sikap), enabling factor (pendapatan , persepsi biaya yankes, persepsi jarak yankes, tersedianya sarana dan fasilitas yankes) dan reinforcing factor (perilaku petugas), didapatkan hasil bahwa ada hubungan antara predisposing factor dengan pemanfaatan pelayanan rawat jalan (p value : 0.000), ada hubungan antara enabling factor dengan pemanfaatan pelayanan rawat jalan (p value : 0.004), serta ada hubungan antara reinforcing factor dengan pemanfaatan pelayanan rawat jalan (p value : 0.001) Berdasarkan hasil penelitian diatas, peneliti menyarankan kepada Puskesmas Ungaran agar lebih mensosialisasikan pelayanan yang ada serta fasilitas – fasilitas yang disediakan dengan pembuatan leaflet yang disediakan di loket untuk dibagikan kepada pasien dan masyarakat di wilayah kerjanya pada waktu kegiatan posyandu.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 15:23 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 23:40 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7409 |
Actions (login required)
View Item |