UDiNus Repository

Hubungan Antara Persepsi Pasien Tentang Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Penyakit Dalam RSU RA Kartini Kabupaten Jepara Tahun 2007

HARI, SANTOSO IMAM (1970) Hubungan Antara Persepsi Pasien Tentang Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Penyakit Dalam RSU RA Kartini Kabupaten Jepara Tahun 2007. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (12Kb) | Preview

    Abstract

    Dari angka kunjungan pasien dipoliklinik penyakit dalam RSU RA kartini kabupaten Jepara selama tiga bulaqn terakhir mengalami penurunan secara berturut-turut. Pada bulan April dengan jumlah angka kunjungan 1943 dibandingkan bulan Mei dengan jumlah angkakunjungan 1846 dengan mengalami penurunan sebesar 4,9%. Angka jumlah kunjungan dibulan juni sebesar 1762 dengan mengalami penurunan sebesar 4,5% dibandingkan dengan bulan Mei.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi pasien tentang mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di poliklinik penyakit dalam RSU RA Kartini Kabupaten Jepara tahun 2007 Jenis penelitian yang digunakan adalah Explanatory Research dengan metode penelitian survey melalui pendekatan cross sectional yaitu suatu pengukuran variabel bebas dan terikat secara bersamaan. Jumlah sampel yang digunakan adalah 83 responden. Intrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data yang diperoleh dan dianalisa dengan uji Rank Spearmen Hasil penelitian menunjukan tidak ada hubungan antara persepsi biaya dengan kepuasan pasien ( p value = 0,645 ). Tidak ada hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien ( p value = 0,130 ) dan tidak ada hubungan antara kondisi poliklinik dengan kepuasan pasien ( p value 0,610 ). Dengan demikian disarankan RSU perlu secara terus-menerus dapat menerapkan manajemen teknis (lingkungan RS, kecepatan, ketepatan dan ketelitian dalam pelayanan) dan manajemen interpersonal (keramahan, perhatian dan komunikasi petugas kepada pasien) yaitu membentuk tim menjaga mutu. Perlu dilakukan monitoring untuk melihat, mengukur dan mengecek pelaksanaan yang dilakukan dengan membandingkannya dengan standar yang telah dibuat secara berkala khususnya di poliklinik penyakit dalam.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:25
    Last Modified: 20 Nov 2014 22:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7464

    Actions (login required)

    View Item