RINI, ROHMAWATI (1970) Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Jalan di Loket Asuransi Kesehatan Rumah Sakit Bhayangkara Semarang 2010. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (11Kb) | Preview |
Abstract
Kualitas pelayanan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain perilaku petugas loket askes, desain loket askes, dan valensi pelayanan askes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa faktor yang berhubungan dengan kualitas jasa pelayanan kesehatan pasien rawat jalan di loket askes Rumah Sakit Bhayangkara Semarang. Desain penelitian yang digunakan adalah Explanatory Research dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel penelitian ini pasien askes rawat jalan berjumlah 63 responden dengan prosedur pengambilan subjek penelitian menggunakan accidental sampling. Data dianalisa dengan korelasi Rank Spearman. Hasil Uji Rank Spearman dengan tingkat signifikasi 0,05 diperoleh hasil: ada hubungan antara perilaku petugas loket askes (p value = 0,000), desain loket askes (p value = 0,042), dan valensi pelayanan askes dengan kualitas pelayanan askes (p value = 0,001). Saran bagi RS Bhayangkara antara lain, optimalisasi antrian dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien askes, penyesuaian desain loket askes untuk memudahkan komunikasi antara pasien dan petugas loket askes sehingga pasien mendapatkan kenyamanan dalam pelayanan kesehatan, penambahan fasilitas tempat duduk di ruang tunggu loket askes untuk menghindari kelelahan dalam menunggu antrian di loket askes.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 15:27 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 22:05 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7541 |
Actions (login required)
View Item |