UDiNus Repository

KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP HIGIENE DAN SANITASI WARUNG MAKAN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG TAHUN 2011

ARDHANA, S. HUFRON (1970) KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP HIGIENE DAN SANITASI WARUNG MAKAN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG TAHUN 2011. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (36Kb) | Preview

    Abstract

    Hasil observasi awal terhadap warung makan di lingkungan Udinus yang dilakukan bulan Mei 2009, pemilik dan karyawan warung hanya menyediakan sarana yang ada untuk usaha seperti meja kursi, dan etalase yang kurang layak, keadaan sampah yang tidak pada tempatnya, tempat penyucian yang kotore, etalase tempat makanan yang kurang layak sehingga lalat masuk dan menghinggapi makanan, tidak adanya tempat sarana cuci tangan dan tidak bersihnya cara pengolahan dan penyajian makanan, kondisi higiene dan sanitasi warung makan ini dapat menjadi faktor resiko terjadinya masalah kesehatan bagi konsumen.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap higiene dan sanitasi warung makan di lingkungan Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah survey yaitu penelitian yang mengambil sample 32 warung makan di lingkungan UDINUS menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Kuesioner diberikan dengan metode Accidential Sampling terhadap 96 responden yang pernah mengunjungi warung makan di lingkungan Universitas Dian Nuswantoro Semarang.Analisa data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berpendapat bahwa higiene penjual baik sebesar 62,5%. Penelitian juga menyimpulkan bahwa kondisi sanitasi baik sebesar 56,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden warung makan di lingkungan Universitas Dian Nuswantoro Semarang merasa puas dengan kondisi higiene dan sanitasi warung makan. Saran bagi Fakultas Kesehatan UDINUS untuk memberikan pembinaan yang berkelanjutan pada warung makan tentang higiene sanitasi makanan selain itu bagi pemilik warung makan disarankan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas higiene dan sanitasi warung makan untuk dapat meningkatkan pelayanan terhadap konsumennya.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:27
    Last Modified: 20 Nov 2014 21:52
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7558

    Actions (login required)

    View Item