UDiNus Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DI TPPRJ RUMAH SAKIT BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG TAHUN 2013

YUNITA, UTAMI TIYAS (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DI TPPRJ RUMAH SAKIT BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG TAHUN 2013. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) merupakan penyelenggaraan Rekam Medis pertama kali yaitu dilakukannya pendaftaran pasien baik pasien baru ataupun lama. Baik buruknya proses pelayanan penerimaan pasien di tempat pendaftaran pasien rawat jalan akan memberikan kesan kepada pasien tentang baik tidaknya pelayanan di rumah sakit tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pasien terhadap pelayanan di TPPRJ Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperoleh penjelasan-penjelasan yang akan diteliti. Populasi dalam penelitian adalah pasien yang mendaftar di bagian TPPRJ pada tahun 2012 dengan sampel yang diambil yaitu 100 sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah menggunakan kuesioner yang diberikan kepada pasien. Pengumpulan data menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil kuesioner yang telah diisi oleh pasien yang melakukan pendaftaran. Sedangkan pengolahan data dilakukan dengan editing dan tabulating. Dari hasil penelitian pada bukti langsung tentang fasilitas yang ada meliputi fasilitas hiburan, toilet yaitu 70% tidak puas, keandalan yaitu 55% - 65% tidak puas, daya tanggap yaitu 61% - 70% tidak puas, empati tentang petugas memberikan perhatian dan pelayanan tanpa memilih-milih yaitu 53% tidak puas dan tentang petugas mengerti dan memahami pasien 52% tidak puas, dan jaminan tentang petugas memiliki pengetahuan yang luas dalam menjawab pertanyaan yaitu 54% tidak puas. Jadi dapat disimpulkan bahwa dari hasil kuesioner kepuasan pasien di rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan perlu dilakukannya pembinaan, evaluasi dan monitoring terhadap petugas sehingga kepuasan pasien dapat tercapai dan mutu pelayanan di rumah sakit khususnya di bagian pendaftaran meningkat.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:33
    Last Modified: 20 Nov 2014 17:46
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7806

    Actions (login required)

    View Item