HESLI, MANGARO ANNA (2014) EVALUASI PENERAPAN SIMPUS UNTUK PENCATATAN DAN PELAPORAN PUSKESMAS DI PUSKESMAS PANDANARAN SEMARANG TAHUN 2014. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (97Kb) | Preview | |
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Dalam pengoperasioan sistem di Puskesmas Pandanaran Semarang terdapat beberapa masalah yaitu tempat pendaftaran pasien belum dapat memberikan nomor rekam medis secara otomatis, sehingga menyebabkan adanya nomor rekam medis yang double pada satu pasien. Bagian Poliklinik sering terjadi salah memberikan koding penyakit sehingga berpengaruh dengan laporan 10 besar penyakit. Bagian Farmasi sering terjadi salah input jumlah obat sehingga output laporan pemakaian obat harus di edit kembali agar mendapatkan informasi yang akurat. Kasir belum terintegrasi dengan bagian lain oleh karena itu untuk biaya pasien masih direkap secara manual hal tersebut memicu adanya kesalahan perhitungan biaya. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional dengan metode PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Eficiency, Service). Sistem informasi manajemen puskesmas (SIMPUS) Puskesmas Pandanaran Semarang belum terintegrasi secara menyeluruh. Evaluasi dilakukan menggunakan metode analisis PIECES menghasilkan kinerja sistem informasi dapat mempercepat pelayanan kepada pasien. Informasi sistem informasi puskesmas dapat menghasilkan informasi yang lengkap, tetapi masih ada informasi yang belum relevan dan akurat sesuai dengan kebutuhan manajemen. Ekonomis sistem informasi yang digunakan telah menyimpan data pada storage komputer namun masih mengandalkan kertas dalam operasionalnya. Kontrol sistem informasi belum memiliki pengendali dengan memiliki password antar petugas sesuai dengan kewenangannya, namun untuk pendeteksi kesalahan sistem sudah memiliki kontrol. Efisiensi sistem informasi, didapatkan bahwa data harus diolah dan diteliti lagi untuk pembuatan laporan yang dibutuhkan Manajemen. Pelayanan sistem informasi dapat memudahkan pengguna dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Penerapan sistem informasi manajemen puskesmas di Puskesmas Pandanaran Semarang belum terintegrasi secara menyeluruh. Peneliti menyarankan agar sistem informasi harus terintegrasi secara menyeluruh agar dapat menyediakan informasi tepat waktu, akurat dan relevan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 15:40 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 12:45 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7983 |
Actions (login required)
View Item |