UDiNus Repository

EVALUASI KINERJA SISTEM INFORMASI KESEHATAN KERETA API (SIKESKA) DITINJAU DARI ASPEK PERSEPSI PENGGUNA DALAM MENDUKUNG PROSES MANAJEMEN DI KLINIK PT. KAI AREA 4 SEMARANG TAHUN 2013

SUPRIYANTO, (2014) EVALUASI KINERJA SISTEM INFORMASI KESEHATAN KERETA API (SIKESKA) DITINJAU DARI ASPEK PERSEPSI PENGGUNA DALAM MENDUKUNG PROSES MANAJEMEN DI KLINIK PT. KAI AREA 4 SEMARANG TAHUN 2013. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (49Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Sistem Informasi Kesehatan Kereta Api (SIKESKA) adalah suatu sistem informasi yang menangani informasi kesehatan pegawai, pensiun, serta keluarga dari pegawai dan pensiunan PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Diharapkan dalam pelaksanaannya dapat menjamin kecepatan dan ketepatan penanganan informasi, sehingga proses administrasi dan pelayanan dapat dengan mudah dan lebih cepat. Pemberlakuan Sistem Informasi Kesehatan Kereta Api dikhawatirkan memberatkan para pengguna Sistem Informasi Kesehatan Kereta Api terutama ditingkat Operator Klinik dan Manjemen ditingkat daerah oleh karena itu penulis ingin mengevaluasi kinerja sistem informasi di Klinik PT KAI (Persero) ditinjau dari persepsi pengguna, dengan menggunakan Performance, Information, Service (PIS) di tingkat Daerah Operasi 4 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data primer melalui wawancara mendalam kepada petugas operator sistem yang ada di Klinik dan Manajemen tingkat daerah yaitu, Petugas pendaftaran, Dokter, Supervisor, Asisten Manajer dan Manajer Kesehatan di Area 4 Semarang. Dengan mengamati variabel Performance, Information/Data, Service (PIS).. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar subyek penelitian masih terdapat kendala-kendala yang masih perlu disempurnakan. Antara lain tampilan menu yang belum lengkap antara lain untuk rujukan antara Rawat Inap dan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan yang belum terpisahkan dan menu Reimbursment yang belum optimal (Performance), Daftar nama obat-obatan yang ada di Sistem Informasi Kesehatan Kereta Api belum mencakup daftar obat-obatan yang ada di Klinik (Information), jaringannya yang masih lambat (Service). Diharapkan dapat dilakukan pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Kereta Api (SIKESKA) yaitu dengan menambah menu Rujukan Rawat Inap dan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan, obat-obatan keseluruhan dapat termuat di sistem, Menu Reimburstment yang ada disistem dapat difungsikan supaya pelaksanaan pengajuan Restitusi dapat on line, sehingga pekerjaan manual dapat dikurangi.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 15:41
      Last Modified: 20 Nov 2014 11:50
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8018

      Actions (login required)

      View Item