KARTIKA, SARI PUSPITA (2014) Respon Ekspatriat Jepang Terhadap Pelayanan Publik di Indonesia: Studi Kasus pada Ekspatriat Jepang. Skripsi,Fakultas Ilmu Budaya.
| PDF Download (397Kb) | Preview | |
| PDF Download (3898b) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dibahas mengenai apa saja hal-hal yang dialami oleh ekspatriat Jepang ketika menggunakan fasilitas umum yang ada di Indonesia, beserta respon mereka mengenai pelayanan publik yang diterima. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dalam pengumpulan data. Data yang dikaji merupakan hasil rekaman wawancara kepada 10 ekspatriat Jepang, yaitu lima pria dan lima wanita yang tinggal di Indonesia kurang dari satu tahun. Fasilitas umum yang dipilih oleh penulis untuk dikaji pelayanan publiknya ada 8, yaitu fasilitas kesehatan, money changer, imigrasi, transportasi umum, tempat makan, tempat wisata, dan penginapan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi apa saja pelayanan publik yang diterima oleh 10 responden Jepang selama menggunakan 8 fasilitas umum tersebut, beserta respon dan perbedaannya dengan pelayanan publik yang ada di Jepang. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pelayanan publik yang diterima oleh responden selama menggunakan fasilitas umum di Indonesia ditanggapi dengan dua respon, yaitu respon positif dan respon negatif. Selain itu, dilihat dari respon responden yang berupa keluhan atau komplain, proses ini memasuki tahapan kedua, yaitu tahapan pertentangan dari empat tahapan gegar budaya pada proses adaptasi budaya meliputi tahap honeymoon, tahap pertentangan, tahap penerimaan, dan tahap culture shock terbalik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Jepang Z Literatur, Sastra > Bahasa Jepang |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 16:22 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 04:35 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8319 |
Actions (login required)
View Item |