DEDE, RIANTO ARIF (2012) Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek Produk Air Minum dalam Kemasan Merek Club di Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Semakin banyaknya pilihan produk air minum dalam kemasan yang ada di Indonesia, membuat semakian ketatnya persaingan pangsa pasar air minum dalam kemasan di Indonesia, hal ini memaksa perusahaan air minum dalam kemasan menciptakan strategi yang baik agar produk mereka bisa bertahan dan tetap dapat bersaing dipasaran. Oleh sebab itu agar persaingan antar perusahaan air minum dalam kemasan dapat dimenangkan, banyak faktor yang harus diperhatikan oleh produsen seperti melalui strategi pengingkatan kepuasa konsumen serta pengoptimalan loyalitas merek, salah satunya dengan cara peningkatan bersaing merek yang dapat dilakukan dengan kombinasi dari variabel brand liking, brand predictability, brand reputation serta brand competence. Penelitian ini untuk mengkaji pengaruh dari trust in brand dan satisfaction terhadap loyalitas merek produk air minum dalam kemasan merek Club di kota Semarang dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 orang responden yang terdapat di Kota Semarang dengan alat analisis yang digunakan adalah SEM (structural equation modelling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand liking memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap trust in brand dengan CR 2,111 (P <0,05). Brand predictability memiliki efek signifikan dan positif terhadap trust in brand dengan CR 2,363 (P <0,05). Brand reputation memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap trust in brand dengan CR 2,175 (P <0,05). Brand competence memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap trust in brand dengan CR 2,472 (P <0,05). Trust in brand berpengaruh signifikan pada kepuasan dengan CR 2,391 (P <0,05). Trust in brand memiliki dampak yang signifikan dan positif terhadap loyalitas merek dengan CR 3,085 (P <0,05). Kepuasan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas merek dengan CR 2,250 (P <0,05). Kata kunci : brand liking, brand predictability, brand reputation, brand competence, trust in brand, satisfaction dan loyalitas merek.
Actions (login required)