EFRAN, SEPTIYANTO DWI (2012) Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Teh Gelas Orang Tua Group (Studi Kasus pada Swalayan ADA Setiabudi Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Keberhasilan suatu produk dapat dilihat dari kualitas yang dimiliki produk itu sendiri dalam memenangi suatu persaingan, yang pada akhirnya akan mempengaruhi keputusan pembelian. Konsumen membeli produk berdasarkan nilai yang didapat dari suatu produk. Nilai itu sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor penunjang yaitu atribut-atribut yang ada didalam produk tersebut. Hasil dari prasurvei yang dilakukan pada konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian Teh Gelas Orang Tua Group yang ada di Semarang , atribut-atribut itu seperti harga,merek, kemasan dan kualitas produk yang menjadi suatu tolak ukur konsumen sebelum melakukan keputusan pembelian. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah konsumen Teh Gelas Orang Tua Group yang pernah melakukan keputusan pembelian. Sedangkan sampelnya adalah sebagian konsumen Teh Gelas Orang Tua Group yang ada di Swalayan ADA Setiabudi Semarang. Jenis data yang digunakan adalah primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda, uji t, dan uji F. Hasil analisis regresi berganda menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel harga, merek, kemasan dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian Teh Gelas Orang Tua Group, sedangkan antara variabel harga, merek, dan kualitas produk terdapat pengaruh signifikan secara parsial, dan variabel kemasan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Teh Gelas Orang Tua Group secara parsial. Koefisien determinasi model regresi diperoleh dari nilai adjusted square R2 sebesar 63,3. Hal ini berarti 63,3% Keputusan Pembelian Teh Gelas Orang Tua Group dapat dijelaskan oleh variabel harga, merek, dan kualitas produk sedangkan 36,7% keputusan pembelian dapat dijelaskan dari variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model. Keyword: harga, merek, kemasan, kualitas produk, keputusan pembelian
Actions (login required)