FAHMI, SEPTIYANTO (2012) Pengaruh Efektifitas Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Furniture Marmer pada CV. SWADESI di Kabupaten Jepara. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Saat ini tidak kurang dari jutaan orang Indonesia yang mengantungkan hidupnya dari usaha marmer ini. Dapat dibayangkan apabila masyarakat pengarajin marmer ini harus kehilangan pasar domestiknya karena kalah dalam persaingan terutama dengan para pegusaha marmer dari China. Para pengarajin marmer dalam negri dituntut untuk dapat lebih kreatif dalam menciptakan hasil karya atau kerajinan dari marmer. Hal ini karena konsumen dalam negeri atau mancanegara sangat selektif dalam melakukan keputusan pembelian. Sehingga masing-masing produsen yang bergerak dibidang marmer haruslah berfikir inovatif untuk dapat memenagkan persaingan dalam maupun luar negeri. banyak faktor yang harus diperhatikan oleh para produsen untuk dapat memenangkan atau bertahan dalam pasarnya yang salah satunya melalui strategi kebijakan marketing mix secara efektif yang merupakan kombinasi dari variabel produk, harga, promosi, dan distribusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dari bauran pemasaran atau marketin mix terhadap keputusan pembelian furniture marmer pada CV SWADESI di kabupaten Jepara dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 responden yang terdapat di Kabupaten Jepara dengan alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang didalamnya terdapat uji Kuesioner ( validitas dan reliabilitas), Uji Asumsi Klasik ( normalitas, multikolinearitas, dan heterokedastisitas ),Uji Regresi Linier Berganda ,Uji Hipotesis (Uji f dan t) dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah Produk dengan nilai koefisien regresi 0,694 yang berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai signifikansi 0,000. Tempat dan Promosi menjadi faktor selanjutnya yang mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi 0,157 dan 0,098 yang berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai signifikansi masing-masing 0,048 dan 0,027. Sedangkan Harga tidak memiliki pengaruh positif dengan nilai koefisien regresi -0,060. Secara simultan Produk, Harga, Promosi dan Tempat memliki pengaruh yang signifikan dengan nilai probabilitasnya 0,000 dan dalam pengujian koefisien determinasi keempat variabel diatas dapat dapat menerangkan variabel Y sebesar 80,4 %. Kata kunci : Produk ,Harga, Promosi, Tempat, dan Keputusan pembelian
Actions (login required)