ANITA, (2012) Analisis Pengaruh Elemen - Elemen Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Konsumen Produk Pembalut Wanita Merek Softek di Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
ABTRAKSI Tujuanpenelitianinidenganjudul : AnalisisPengaruhelemen-elemenekuitasmerekterhadapkeputusanpembeliankonsumenstudikasuspadakonsumenprodukpembalutwanitamereksoftex di Semarang adalah untuk menganalisis kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek dan keputusan pembelian konsumen pembalut wanita merek Softex di Semarang. Sampel yang digunakandalampenelitianinisebanyak100 respondendenganteknikpengambilansampeladalahrandom samplingadalahsampeldiambilsecaraacakyaituindividu-individu yang ditemui yang kebetulanditemuidanlayakdigunakansebagairespondenpenelitian. Data yang terkumpuldianalisadenganmenggunakanregresi linier bergandauntukmengujivaliditas item pertanyaan, rumuscronbach alphauntukmengujibesarnyapengaruhdarivariabelbebas yang diuji, uji tuntukmengujidanmembuktikanpengaruhsecarapersialmasing-masingvariabelbebas.Adapunhasilhipotesanyaadalah: (1.) Hasilperhitunganstatistikdengananalisisregresi linier bergandadapatditunjukandenganpersamaanregresiY = -0,746 + 0,099 X1 + 0,216 X2 + 0,632 X3 + 0,117 X4Bedasarkanpersamaanregresibergandadi atas, menunjukanbahwavariabelasosiasi merek merupakan factor dominandalamkeputusan danpembelian, halinidisebabkanolehkoefisienkesadaran merek paling tinggi yang diikutiolehvariabelpersepsi kualitasdengannilaikoefisienregresi 0,216. (2.) Angka R square / koefisiendeterminasiadalah 0,657 , haliniberarti65,7persenvariasidarivariabelbebas (kesadaran merek,persepsi kualitas,asosiasi merek, dan loyalitas merek) dapatmenerangkanvariabelterikatyaitukeputusanpembelian , sedangkansebesar34,3 persenditerangkanolehvariabel lain yang ditujukandalampenelitianini. (3) hipotesis yang telahdilakukandalampenelitianiniadalah (a) kesadaran merek berpengaruhpositifdansignifikanterhadapkeputusanpembelian. (b) persepsi kualitas berpengaruh positifdansignifikanterhadapkeputusanpembelian. (c) asosiasi merekberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkeputusanpembelian. (d) loyalitas merekberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkeputusanpembelian. Kata kunci :Kesadaran merek, Persepsi kualitas, Asosiasi merek danKeputusanPembelian
Actions (login required)