HENDRI, WIBOWO SAPUTRO (2012) Peran Switching Cost Sebagai Variabel Moderasi pada Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan PD. Bank Perkreditan Rakyat Blora Kota. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Loyalitas nasabah merupakan suatu ukuran keterkaitan nasabah kepada sebuah produk. Nasabah yang sangat loyal terhadap suatu produk berupa jasa tidak akan dengan mudah memindahkan pembeliannya ke merek lain, apa pun yang terjadi dengan produk/jasa tersebut. Loyalitas nasabah dapat dipengaruhi oleh kepuasan nasabah dan swtiching cost. PD.BPR BKK Blora Kota, Jalan Jenderal Sudirman No.119 Blora adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perbankan. Saat ini perusahaan mempunyai banyak pesaing yang memberikan pelayanan yang hampir sama bahkan melebihi pelayanan PD.BPR BKK Blora Kota. Oleh karena itu beberapa nasabahnya melakukan transaksi ke bank pesaing lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah tabungan PD. Bank Perkreditan Rakyat Blora Kota dengan switching cost sebagai variabel moderat Populasi dalam penelitian ini nasabah tabungan PD.BPR BKK Blora Kota, Jalan Jenderal Sudirman No.119, Blora yang berjumlah 11.876 orang, karena jumlah nasabah PD.BPR BKK Blora Kota pada akhir tahun 2010 sebanyak 11.876 nasabah. Sampel yang dipiliha 100 nasabah. Jenis datanya adalah primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi moderat. Hasil analisis dengan menggunakan SPSS Versi 11,5 menunjukkan bahwa: (1). Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. (2). Switching cost berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. (3). Interaksi antara kepuasan dan switching cost berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. (4). Secara bersama-sama kepuasan atas kualitas jasa, switching cost dan interaksi antara kepuasan atas kualitas jasa dan switching cost berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. (5). Kepuasan atas kualitas jasa, switching cost dan interaksi antara kepuasan atas kualitas jasa dan switching cost mampu menjelaskan loyalitas konsumen (nasabah) BPR Blora Kota sebesar 61,3%. Kata Kunci : Kepuasan, Loyalitas Konsumen dan Switching Cost
Actions (login required)