R, SUBIANTO ADI (2013) PENGARUH ELEMEN EKUITAS MEREK TERHADAP RASA PERCAYA DIRI PELANGGAN DI SEMARANG ATAS KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL SONY ERICSSON. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Tujuan penelitian ini menguji dan menganalisis pengaruh elemen ekuitas merek yang meliputi kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek terhadap rasa percaya diri pelanggan di Semarang atas keputusan pembelian ponsel Sony Ericsson. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna ponsel Sony Ericsson yang berdomisili di Semarang. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 orang responden dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel purposif atau bertujuan. Artinya, menentukan subyek atau orang-orang terpilih yang sesuai dengan ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh sampel itu. Analisis yang dilakukan adalah analisis regresi linier berganda. Dari analisis regresi diperoleh (a) kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (b) persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (c) asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (d) loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil tersebut variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah persepsi kualitas lalu diikuti kesadaran merek, kemudian variabel asosiasi merek dan loyalitas merek yang mempunyai nilai koefisien sama besar. Kata kunci : Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek dan Keputusan Pembelian.
Actions (login required)