YUNITA, UNNISYAK (2014) Mempertahankan Loyalitas Konsumen Melalui Kualitas Pelayanan(Studi kasus Pada Salon Johnny Andrean, Sri Ratu Pemuda,Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
ABSTRAKSI Loyalitas konsumen adalah sikap menyenangi terhadap suatu merek yang dipresentasikan dalam pembelian yang konsisten terhadap merek itu sepanjang waktu. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen, salah satunya adalah kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan merupakan suatu pernyataan tentang sikap, hubungan yang dihasilkan dari perbandingan antara ekspektasi (harapan) dengan kinerja (hasil). Kualitas pelayanan terdiri lima dimensi, yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara bersama-sama terhadap loyalitas konsumen konsumen Salon Johnny Andrean di Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen tetap Salon Johnny Andrean, Pasaraya Sri Ratu Pemuda Lantai 2, Jl. Pemuda 29 – 35, Semarang selama tahun 2012 yang berjumlah 3.011 konsumen dan sampel yang berjumlah 100 konsumen. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. 2). Keandalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. 3). Daya Tanggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. 4). Jaminan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. 5). Empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. 6). Bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Pengaruh tersebut sebesar 83,3% (Adjusted R Square).
Actions (login required)