ENY, JAZILAH SALIS (2014) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI NILAI, KEPUASAN, KEPERCAYAAN, DAN LOYALITAS PADA KERETA API KERETA REL DIESEL ELEKTRIK (KRDE) AC KALIGUNG MAS JURUSAN SEMARANG -TEGAL. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Perkembangan teknologi dan pengetahuan, pendapatan, diversifikasi pekerjaan dan tempat kerja masyarakat, mengakibatkan meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap aneka ragam jasa seperti kebutuhan akan sarana angkutan. Angkutan kereta api merupakan salah satu jasa pelayanan publik, idealnya menawarkan pelayanan yang sesuai dengan preferensi pengguna yaitu masyarakat. Kereta api memiliki berbagai keunggulan komperatif dan kompetetif, hemat lahan energi, rendah populasi, bersifat masal, dan juga adaptif dengan perubahan teknologi. Merujuk pada tugas pokok dan fungsi mobilisasi arus penumpang dan barang diatas jalan rel, maka sarana transportasi ini juga sangat berperan dalam menunjang pertumbuhan ekonomi nasional. Penelitian ini dilakukan pada Kereta Api KRDE AC Kaligung Mas Jurusan Semarang Tegal. Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, persepsi nilai, kepuasan, kepercayaan, dan loyalitas pada Kereta Api KRDE AC Kaligung Mas Jurusan Semarang-Tegal. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 115 responden, metode yang digunakan adalah nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Analisis data yang dilakukan dengan SEM (Structural Equation Modeling) diperoleh bahwa faktor yang paling mempengaruhi loyalitas adalah kepuasan , hal ini dibuktikan dengan nilai standardized regression weights pada Estimate yang terbesar. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. semakin tinggi rasa puas yang dirasakan seorang penumpang maka akan meningkatkan rasa loyal terhadap kereta api KRDE AC Kaligung Mas.
Actions (login required)