UDiNus Repository

ANALISIS PENGARUH PENGALAMAN MENGGUNAKAN LAYANAN BERBASIS TI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Online Shop Beetesshop Pada Akun Instagram)

SILVIA, FITRI (2014) ANALISIS PENGARUH PENGALAMAN MENGGUNAKAN LAYANAN BERBASIS TI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Online Shop Beetesshop Pada Akun Instagram). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (2377Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      TTeknologi informasi yang paling banyak diminati pada era globalisasi seperti sekarang adalah teknologi internet.Jaringan internet dan komputer mampu menyajikan informasi yang ada pada belahan dunia secara lengkap dan aktual. Metode penelitian menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 119 konsumen Beetesshop. Setelah hasil didapatkan melalui uji reliabilitas danvaliditas, lalu dianalisis menggunakan Regresi dengan variabel Intervening dengan program SPSS 16.0 for Windows yang didalamnya dilakukan uji asumsi klasik, ujimultikoleniaritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, uji sobel, analisis path, uji t, uji f dan ujikoefisien determinasi (R2). Hasil analisis Path dan sobel diperoleh bahwa variabel yang palingmemediasi adalah variabel comfort in using IT. Variabel self control in using ITberpengaruh terhadap kepuasan konsumen,hal ini mengidentifikasikan bahwa pengalaman menggunakan layanan berbasis TI kapanpun dan dimanapun sudah menjadi rutinitas bagi konsumen dalam berinteraksi sehari-hari. Selanjutnya variablecomfort in using ITberpengaruh terhadap kepuasan konsumen, hal ini mengidentifikasikan bahwa kenyamanan dalam menggunakan internet, hal yang mutlak bagi konsumen, karena ketika konsumen menggunakan teknologi internet konsumen merasakaan lebih percaya diri, merasa nyamanan, mempermudah dan mempercepat proses transaksi konsumen Beetesshop. Sedangkan variabel personal interaction tidak berpengaruhterhadap kepuasan konsumen, hal ini mengidentifikasi bahwa konsumen beranggapan interaksi personal masih diperlukan karena ketika melakukan transaksi pembelian secara langsung, konsumen dapat melihat secara langsung kondisi barang yang diinginkan. Dan variabel kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, hal ini mengidentifikasikan bahwa konsumen mempunyai kesan dan pengalaman baik setelah melakukan pembelian di Beetesshop, konsumen merasa harapannya terpenuhi saat melakukan pembelian dan menggunakan produk Beetesshop, dan konsumen puas terhadap pelayanan yang diberikan Beetesshop, sehingga konsumen beetesshop merasa loyal kepada Beetesshop.

      Item Type: Article
      Subjects: ?? NM ??
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 16:54
      Last Modified: 19 Nov 2014 18:44
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8731

      Actions (login required)

      View Item