IRFANSYAH, (2014) PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HOTEL SEMESTA SEMARANG DENGAN PEMASARAN RELASIONAL SEBAGAI INTERVENING. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
ABSTRAKSI Perkembangan dunia bisnis yang semakin kompleks menuntut adanya berbagai macam perubahan terhadap praktek bisnis yang telah dilakukan. Perubahan ini dilakuan dengan tujuan agar organisasi bisnis tetap exist dan bahkan dapat meningkatkan prestasi bisnisnya. Adanya perubahan paradigma lama dalam segala hal, salah satunya adalah dalam bidang pemasaran. Semakin tingginya tingkat persaingan dibisnis lokal maupun global dan kondisi ketidak pastian memaksa perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif agar mampu memenangkan persaingan bisnis global. Metode penelitian menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 tamu di Hotel Semesta Semarang. Setelah hasil didapatkan melalui uji reliabilitas dan validitas, lalu dianalisis menggunakan Regresi Linier Berganda dengan program SPSS 16.0 for Windows yang didalamnya dilakukan uji asumsi klasik, uji multikoleniaritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, uji auto kolerasi, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh bahwa faktor yang paling mempengaruhi loyalitas pelanggan adalah keandalan, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi yang terbesar. keandalan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Semakin baik konsistensi kinerja karyawan, maka loyalitas pelanggan akan meningkat. Pemasaran relasional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Semakin baik pemasaran relasional, maka loyalitas pelanggan akan meningkat. Jaminan berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Artinya apabila jaminan baik atau jelek maka tidak akan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Actions (login required)