DEWI, NINGSIH SURYA (2014) Tanggung Jawab Sosial Perusahaan ( Studi Sikap di KFC Semarang ). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perhatian masyarakat terhadap kesehatan seiriing dengan maraknya berita tentang ayam tidak segar dan virus yang mematikan yaitu flu burung (Avian Influenza) yang disajikan di KFC (Kentucky Fried Chiken) Semarang. Hal ini menyebebkan penurunan penjualan di KFC Semarang sehingga dapat dirumuskan dalam penelitian ini bahwa bagaimana sikap konsumen dalam membeli atau mengonsumsi ayam goreng yang memang menu utama di KFC di tengah fenomena berita yang tersiar tentang bahaya mengonsumsi ayam di KFC berdasarkan pada nilai nutrisi, kualitas makanan, nilai merek dan nilai etika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah keempat variabel tersebut yaitu nilai nutrisi, kualitas makanan, nilai merek dan nilai etika dapat membentuk CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan di KFC Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang memenuhi tiga kriteria; pelanggan yang mengonsumsi produk KFC, telah berusia diatas 17 tahun dan telah mengonsumsi produk KFC lebih dari tiga kali. Empat rumusan masalah diuji menggunakan analisa model Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai nutrisi, kualitas makanan, nilai merek dan nilai etika mempunyai pengaruh yang signifikan dalam membentuk kepercayaan konsumen. Kepercayaan konsumen juga berpengaruh lebih tinggi dalam membentuk CSR di KFC Semarang.
Actions (login required)